FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

Ilmu Komunikasi adalah sebuah cabang Ilmu sosial yang sangat dinamis di mana perkembangannya mengikuti dinamika perkembangan lanskap media, perilaku audiens media, perkembangan teknologi media sebagai medium komunikasi dan perkembangan sosial ekonomi dan dinamika poltik suatu seting sosial. Hubungan Ilmu Komunikasi dengan dinamika sosial politik ini membuat Ilmu Komunikasi bersifat interdisiplin di mana untuk mengkaji topik-topik dalam bidang Ilmu Komunikasi membutuhkan pemahaman atas Ilmu Politik, Psikologi, Ilmu-ilmu Humaniora, Sosiologi, Antroplogi dan tradisi pengkajian yang lazim digunakan dalam kajian Ilmu Sosial.

Program Studi Ilmu Komunikasi didirikan untuk merespon tantangan dalam implementasi prinsip-prinsip ilmu komunikasi dalam praktik media, hubungan antar manusia, relasi organisasi, hubungan masyarakat dan bagaimana mereka saling mempengaruhi sehingga membentuk dinamika komunikasi. Perkembangan lanskap  dan platform media dari dominasi oligarki media yang menuju ke arah demokratisasi media melalu kemunculan media digital memungkinkan partisipasi masyarakat menjadi lebih luas dalam mempengaruhi lanskap komunikasi. Pentetrasi internet dan pertumbuhan media digital diikuti oleh geliat industri media berbasis platform media baru seperti instagram dan YouTube baik segai kanal produksi dan distribusi konten maupun sebagai media komunikasi dan pemasaran sebuah produk ataupun jasa. Merespon perkembangan ini, Prodi Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dalam industri yang terus bertumbuh ini dengan menyediakan konsentrasi media visual dimana mahasiswa dipersipakan untuk menjadi konsultan, manajer, maupun kreator produk komunikasi visual seperti video, foto dan produk desain grafis. Dengan pembekalan pengetahuan dan skill entrepreneurship, mahasiswa juga dipersiapkan untuk membuka lapangan pekerjaan di bidang industri kreatif media.

 

Pertumbuhan media yang telah teruji stabil dalam setiap krisis membuat industri media menjanjikan dan lembaga pendidikan yang membuka program studi yang memenuhi kebutuhan angkatan kerja di bidang media sellau memiliki peminat. Dalam setiap krisis moneter 1998, satu-satunya industri yang tidak goyah diterpa krisis adalah industri media televisi. Sementara, pada masa pandemi Covid-19, konsumsi media terbesar di Inggris menurut riset dari Visual Kapitalist adalah Konsumsi media berbasis media baru menempati presentase tertinggi dari konsumsi media masyarakat. Sementara itu Comscore mencatat pertumbuhan yang signifikan atas konsumsi media berbasis internet di Indonesia meningkat drastis. Hal ini juga diikuti oleh peningkatan penggunaan internet sebagai media belajar daring lebih dari dua kali lipat. Trend ini meninggalkan perilaku konsumsi media masyarakat di mana konsumsi media berbasis internet akan menjadi bagian dari hidup bahkan setelah pandemi berakhir. Hal ini menjadi indikasi perkembangan media digital yang menjadi salah satu muara karir bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Oeh karena itu, Prodi Ilmu Komunikasi di Universitas Teknologi Sumbawa terus berupaya relevan dengan tren perkembangan media sehingga lulusannnya tetap relevan dengan permintaan dunia kerja. Potensi Fakultas Komunikasi sangat besar untuk bisa dikembangkan menjadi entitas pengembang untuk Ilmu-ilmu Sosial Humaniora dan berkolaborasi dalam penelitian-penalitian interdisipliner dengan fakultas-fakultas berbasis sains dan teknologi di Universitas Teknologi Sumbawa maupun dengan peneliti-peneliti lain.

 
Fakultas Ilmu Komunikasi
 
Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) merupakan salah satu fakultas yang berdiri di awal pendirian UTS dan menjadi Bagian dari pengembangan rumpun Ilmu Sosial Humaniora di Universitas Teknologi Sumbawa untuk mendukung pengembangan teknologi dari sisi sosial ekologi. Fakultas ini didesain untuk bisa mendukung pengembangan rumpun Ilmu Sosial Humaniora dengan menekanakan pada prinsip interdisipliner. Fokus penelitian dan pengembangan keilmuan di Fakultas ini menjembatani kolaborasi antara peneliti-penliti Sains dan Teknolog idengan Peneliti Sosial sehingga kajian yang dihadirkan memberikan perspektif yang multidisiplin. Pada saat ini Fakultas Ilmu Komunikasi mengelola satu program studi yaitu program studi Ilmu Komunikasi yang didirikan tahun 2013 dan menjadi program studi Ilmu Komunikasi pertama yang dibuka di Nusa Tenggara. Saat ini, Fakultas sedang dalam tahap mengajukan satu program studi yaitu program studi Sastra Inggris. Fakultas juga bertanggungjawab dalam mengelola pelatihan-pelatihan kompetensi lulusan yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi seperti Public Speaking.