Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) UTS berdiri sejak 14 Maret 2013 bersamaan dengan 11 fakultas lainnya. Sejak awal berdiri FIKOM hanya memiliki satu program study yaitu prodi Ilmu Komunikasi, hanya konsentrasi prodi yang mengalami beberapa kali perubahan. Di awal konsentrasinya pada Public Relations, kemudian berubah menjadi jurnalistik dan komunikasi politik, dan sekarang menajadi Media Studi. Dengan pertimbangan media studi sudah dapat mewakili dari sekian banyak konsentrasi dalam ilmu komunikasi, diantaranya: Public Relasionts, Jurnalistik, Film, Broadcasting, Komunikasi Politik, Periklanan, media baru dll.

Dari nama Universitas Teknologi Sumbawa yang berkaitan erat dengan teknologi, maka Fakultas Ilmu Komunikasi masuk dalam kategori ilmu yang sarat akan teknologi, mengingat teknologi dalam bidang komunikasi dan informasi saat ini yang menjadi unsure penting dalam sendi kehidupan manusia.

Adalah Sumbawa khususnya dan NTB pada umumnya, secara geografis berada di timur Indonesia ini, belum memiliki sumber daya manusia dibidang komunikasi yang handal. Maka dengan kehadiran Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Teknologi Sumbawa bisa menajdi tempat belajar yang mampu menghasilkan SDM kreatif di bidang ilmu komunikasi dan teknologi informasi, serta bermanfaat bagi masyakat Sumbawa dan masyarakat seluruh Indonesia.